Memahami Beberapa Istilah Statistik pada Web dan Blog

Estetika dan Kecantikan Gigi S.A.S
Perbaikan dan Restorasi Gigi
Ig @ahligigijember

Ada beberapa istilah penting yang digunakan untuk mengukur trafik suatu website. Beberapa data dan laporan sering menggunakan istilah pageview, daily unique visitor, hits, impression dll. Apa maksud dari istilah-istilah tersebut dan apa gunanya? Kesalahan dalam memahami istilah tersebut akan sangat fatal bila anda bekerja di bidang online marketing atau yang berhubungan dengan data-data statistik di dunia internet. Berikut ini saya berikan sedikit penjelasan beberapa istilah penting tersebut.

Unique Visitor (UV) adalah sebuah istilah yang digunakan untuk mengukur berapa banyak pengunjung yang menggunakan IP (Internet Protocol) berbeda pada sebuah web site. Setiap pengunjung dengan IP yang berbeda dihitung sebagai satu visitor. Sedangkan pengunjung dengan IP yang sama dianggap sebagai satu pengunjung tidak peduli pengunjung dengan IP yang sama jumlahnya sangat besar, katakanlah satu juta kali.

Visits, adalah banyaknya jumlah kunjungan pada suatu website. Berbeda dengan UV, visit dihitung satu tiap sesi kunjungan tanpa mempedulikan IP yang digunakan. Itu artinya jika seorang visitor mengujungi halaman web jam 1 siang kemudian menutup halaman browser maka dihitung 1 visit atau kunjungan. Jika pada jam 2 siang pengunjung itu kembali mengakses halaman web, maka di hitung 1 kunjungan yang lain. Dengan demikian, selama rentang waktu jam 1 sampai jam 2 siang telah terjadi 2 visit/kunjungan dari pengunjung yang sama.

Pageview adalah istilah yang digunakan untuk mengukur seberapa banyak halaman web dikunjungi. Jika kita mengunjungi halaman depan suatu web, maka dihitung 1 pageview. Jika kita kemudian mengunjungi halaman "Contac Us" akan di hitung 1 pageview yang lain. Dengan membagi Pageview dengan Total Unique Visitor, maka dengan mudah akan di peroleh rataan jumlah halaman yang per unique visitor.

Impression, adalah sebuah istilah umum yang digunakan oleh para publisher dan advertiser di ranah online marketing untuk mengukur berapa nilai sebuah iklan dihitung per tayang. Biasanya sebuah iklan dihitung dengan skala 1000 impresi. Misal sebuah iklan bernilai $1/1000 impression itu artinya: iklan akan bernilai $1 setiap kali 1000 kali impresi. Kebanyakan para pekerja online marketing sangat memperhatikan data impression untuk memperkirakan berapa besar budget dan efektifnya suatu iklan di web.

Hits, adalah istilah yang digunakan untuk mengukur sebarapa banyak file di esksekusi. Sebagai contoh, sebuah halaman web mempunyai 10 gambar, maka setiap kali pengunjung mengakses halaman tersebut akan ada 10 gambar yang diakses atau dihitung sebagai 10 hits. Semakin banyak file (baik external maupun internal) yang terkait dengan suatu halaman web, maka akan semakin besar hits. Pada kenyataannya, data hits cenderung kurang bermanfaat jika kita memandangnya dari sisi marketing. Tapi akan sangat penting untuk evaluasi teknis performa suatu website. Makin besar hits per halaman, kemungkinan besar makin lama waktu yang di butuhkanuntuk mengakses suatu halaman web

Bandwidth, adalah istilah yang digunakan untuk menghitung berapa besar transfer data. Bandwidth biasanya merupakan gabungan data upload dan download. Misal, dalam sebulan web/blog kita menghabiskan bandwidth 100GB itu artinya secara keseluruhan kita telah melakukan transfer data (upload+download) ke server sebesar 100GB. Setiap kali kita mengakses suatu halaman web, itu artinya kita telah mendownload sejumlah data dari server. Jika kita mengupdate konten dengan menambahkan gambar atau text itu artinya kita melakukan upload data.

Keseluruhan istilah tersebut akan sangat sering dijumpai jika kita bekerja di bidang yang berhubungan dengan internet dan online marketing. Istilah-istilah tersebut sangat berguna bukan hanya bagi para web developer , tapi juga para online marketing, konsultan web, sistem administrator, dan mungkin juga investor yang tertarik dengan bisnis online dll.



Foto Tentang Kecantikan Gigi Versi Tukang Gigi S.A.S
Koleksi Foto Hasil Perbaikan Gigi
Ig@ahligigijember
ahligigijember.blogspot.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan comment, kritik dan saranya sepatah dua kata jika anda tertarik dan mungkin atikel ini bermanfaat bagi anda, karna komentar dan saran anda adalah suatu kebanggaan tersendiri bagi blog ini..

From : Admin - Berbagipintar.blogspot.com