Kenapa Tidak Boleh Hujan-hujanan?

Estetika dan Kecantikan Gigi S.A.S
Perbaikan dan Restorasi Gigi
Ig @ahligigijember

Kenapa Tidak Boleh Hujan-hujanan?
Ketika hujan turun orang-orang akan lari terbirit-birit menyelamatkan diri dari kebasahan. Apalagi sejak kecil orangtua kita selalu mengingatkan untuk tidak hujan-hujanan agar tidak sakit. Lantas, Apa yang menyebabkan hujan-hujanan bisa bikin sakit?

Penyebab orang menjadi sakit setelah terkena air hujan adalah akibat terpapar suhu dingin yang tidak biasa serta menurunnya sistem kekebalan tubuh dan penyempitan pembuluh darah.

"Paparan udara dingin di bagian luar tubuh bisa mengakibatkan penyempitan pembuluh darah pada lapisan hidung dan tenggorokan. Kondisi ini dapat merusak fungsi kekebalan tubuh," ujar Dr Jason Chia, konsultan dokter olahraga dari Changi Sports Medicine Centre dan Singapore Sports Medicine Centre, seperti dikutip dari Menshealth.com, Jumat (17/12/2010).

Umumnya tubuh yang terkena air hujan akan membuat suhu lebih dingin terutama di bagian kepala. Perubahan suhu tubuh yang terjadi saat seseorang terkena air hujan itulah yang akan membuatnya menjadi sakit.

Pada saat terkena hujan tubuhakan berusaha mengeluarkan energi lebih besar untuk mengurangi suhu dingin akibat air hujan.

Air hujan yang turun juga mengandung gas-gas atau senyawa yang ada di udara sehingga membuatnya memiliki sifat asam. Hujan yang turun rintik-rintik atau gerimis akan membuat konsentrasi asamnya semakin besar. Kondisi ini yang terkadang membuat seseorang menjadi sakit jika terkena gerimis.

Karena itu usahakan untuk segera membilas rambut setelah terkena air hujan yang berguna menghilangkan senyawa-senyawa yang terbawa dalam air hujan.

Akibat yang dirasakan jika seseorang terkena air hujan adalah:

1. Sakit kepala atau pusing karena banyaknya air hujan yang mengenai kepala dan membuat suhunya lebih dingin dari tubuh
2. Flu baik yang disebabkan oleh virus ataupun akibat paparan udara dingin
3. Kekebalan tubuh yang menurun akan membuat seseorang rentan terkena penyakit infeksi menular
4. Saat tubuh basah, pakaian menjadi lembab yang menyebabkan jamur kulit seperti di selangkangan, sela jari kaki, dan lipatan payudara bisa tumbuh.

Detikhealth

TAGS: Kenapa Tidak Boleh Hujan-hujanan?, hujan, hujan hujanan, alasan kenapa tidak boleh hujan hujanan, ini dia alasan kenapa tidak boleh main hujan hujanan [...]


Foto Tentang Kecantikan Gigi Versi Tukang Gigi S.A.S
Koleksi Foto Hasil Perbaikan Gigi
Ig@ahligigijember
ahligigijember.blogspot.com



8 komentar:

  1. wach,makasih ya gan...
    saya jadi tahu nich....
    mantabs,

    BalasHapus
  2. Owwww...jadi sakit ya.......ditunggu kunjungan baliknya di :

    http://software-corporation.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. salam sahabat
    wah bagus tuh informasinya memang bener alasan kenapa tidak boleh hujan-hujaan ini sangat dominan bagi organ rubh yang disaat kena hawa hujan bahkan hujan memiliki daya tahan yang kurang sehingga seperti yang anda sebutkan pembuluh darah dan keluhan seperti pusing sakit kepala dll ini sangat rentan sekali dijumpai,antisipasinya mas yach

    BalasHapus
  4. salam sob
    soalnya kena hujan mula bisa pusing kepalaku sob

    BalasHapus
  5. mkash sharenya sob, sangat bermanfaat,
    iya memang benar, aku juga mengalaminya, kalo kena gerimis buat kepala jadi pusing, meski cuma sedikit.
    Bali Villas Bali Villa

    BalasHapus
  6. Iya nih,,, gara-gara kena hujan sampe sekarang Anas kena flu.. badan meriang.. Duh, gak enank banget

    BalasHapus
  7. klo q mah bkan krna g boleh itu
    tpi dmarahi ibu nambah2in cucian :D

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan comment, kritik dan saranya sepatah dua kata jika anda tertarik dan mungkin atikel ini bermanfaat bagi anda, karna komentar dan saran anda adalah suatu kebanggaan tersendiri bagi blog ini..

From : Admin - Berbagipintar.blogspot.com