Kenali Tanda-tanda Gangguan Jantung

Estetika dan Kecantikan Gigi S.A.S
Perbaikan dan Restorasi Gigi
Ig @ahligigijember

SERANGAN jantung tidak saja menyasar kalangan tua. Kematian Mike Mohede, penyanyi muda jebolan Indonesian Idol, adalah salah satu buktinya. Padahal, gangguan jantung dapat dikenali tanda-tandanya dari awal. Apa saja?

MIKE DWI SETIAWATI, CIREBON

Sejumlah faktor dapat membuat seseorang rentan terkena serangan jantung. Kurang berolahraga, pola makan yang buruk, dan gaya hidup tidak menentu dapat meningkatkan risiko terkena serangan jantung.

Spesialis jantung, dr H M Edial Sanif SpJP FIHA mengingatkan tentang tanda-tanda sebelum serangan jantung datang.

Nyeri dada pada serangan jantung, lanjut Edial, umumnya dirasakan di dada kiri atau ulu hati. 

Sensasi yang dirasakan adalah seperti ditindih benda berat, diikat, diremas, atau terbakar. 

Nyeri dada juga dapat menjalar ke berbagai lokasi, seperti rahang, gigi, lengan, dan punggung. Selain itu, gejala sesak napas juga dapat menyertai nyeri dada, nafas terasa berat dan satu-satu.

"Kalau mulai merasa berat di dada, sesak napas, sakit perut tak tertahankan di bagian atas, nyeri di lengan kiri, rahang dan leher, maka harus segera ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan tindakan," ujarnya.

Edial menambahkan, tanda-tanda lain serangan jantung adalah rasa mual, sering keringat dingin, dan pusing. Selain itu, Edial mengatakan, seseorang juga harus mewaspadai jika mengalami tekanan kuat pada dada.

"Kalau pada laki-laki tanda-tanda serangan jantung yang paling umum adalah nyeri dada. Sedangkan pada perempuan, lebih kepada mengalami sesak napas, mual dan nyeri punggung, serta rahang," lanjutnya.

Edial mengimbau, saat ini kaum usia produktif perlu waspada terhadap ancaman jantung. Pada usia produktif, jantung dapat menyerang terutama pada mereka yang gemar mengkonsumsi makanan berlemak.

Ditambah tuntutan kerja saat ini yang semakin ketat, sehingga tingkat stres meningkat sehingga pelariannya pada makanan yang siap saji dan kebanyakan meninggalkan sayur.

"Jangan sampai berpikiran usia muda untuk terkena penyakit masih bisa diatasi, sehingga makanan tidak dikontrol. Namun, untuk jantung ini bisa menyerang mendadak," pesannya. 

Edial menyarankan agar setiap orang sejak dini memperhatikan konsumsi makanan.  Tak hanya itu, perlu pula mengontrol aktivitas dan olahraga. 

Apalagi, aktivitas sehari-hari dianggap belum cukup untuk menjaga kesehatan tubuh jika tak diimbangi dengan olahraga. 

"Bisa melakukan hal yang simpel saja. Misalnya, joging di sekitar rumah atau olahraga lain yang low impact," ujarnya. (*/sam/jpnn) 

Sumber : http://www.jpnn.com/read/2016/09/03/464864/Inilah-Tanda-tanda-Gangguan-Jantung-

Foto Tentang Kecantikan Gigi Versi Tukang Gigi S.A.S
Koleksi Foto Hasil Perbaikan Gigi
Ig@ahligigijember
ahligigijember.blogspot.com



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tinggalkan comment, kritik dan saranya sepatah dua kata jika anda tertarik dan mungkin atikel ini bermanfaat bagi anda, karna komentar dan saran anda adalah suatu kebanggaan tersendiri bagi blog ini..

From : Admin - Berbagipintar.blogspot.com